Bu Ani Rohaeni |
Peserta UKA (Uji Kompetensi Awal) dari SMAN Cimanggung
tahun
2013 berjumlah 11 Orang, kini sedang sibuk mengunduh kisi-kisi dan contoh soal prediksi UKA SERTIFIKASI
GURU 2013 yang dijadwalkan tanggal 4 April 2013 ternyata pelaksanaannya diundur
pada bulan Mei 2013, hal ini membuat para peserta berdebar dan
cemas..........he.....he.
Gambar-gambar para peserta UKA dari SMAN
Cimanggung dan contoh soal.
Bu Ida dan Bu Intan |
Pak Andi Sambas |
Bu Juju |
Bu Vidya |
Pak Juhendi |
CONTOH
SOAL PREDIKSI UKA SERTIFIKASI GURU 2013
A. BHS. INDONESIA
1.1.1. Menganalisis karakteristik perkembangan bahasa anak usia SD
1. Berikut ini
kemampuan bahasa yang dapat dipahami oleh anak usia SD, kecuali: … … …
a.
siswa sudah mampu menggunakan
kalimat panjang dalam berkata
b.
siswa sudah mampu
membedakan ragam bahasa daerah dan bahasa Indonesia
c.
siswa sudah mampu
mengatakan bentuk-bentuk kata sifat dalam berkata
d.
siswa sudah mampu
memahami kata-kata yang sebelumnya tidak jelas baginya
1.1.2. Memilih materi ajar
aspek membaca di kelas rendah SD
2. Materi
ajar membaca bagi siswa kelas rendah (Kelas I – II) diawali dengan teknik
membaca nyaring (membaca permulaan). Tujuan dari membaca nyaring/permulaan
tersebut adalah: …
a. Siswa mampu memindai
lambang-lambang bahasa tulis dengan pelafalan dan memaknai lambang-lambang
tersebut
b. siswa mampu mengeja
kata secara bertahap dan berkelanjutan
c.
siswa mampu mampu
membuat kesimpulan atas apa yang telah dibacanya
d. siswa mampu
menceritakan kembali atas apa yang telah dibacanya
1.1.3. Memilih materi
ajar aspek menulis di kelas tinggi SD
3.
Materi pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV memuat berbagai kompetensi
dalam aspek menulis seperti menulis dengan memperhatikan unsur-unsur kebahasaan
dalam kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti penggunaan
ejaan, huruf, dan tanda baca. Pemahaman menulis tersebut dapat dilihat dalam
materi bahasa Indonesia, seperti: ……
a. penulisan topik
tehadap satu bacaan
b. penulisan contoh
pengumuman, baik yang berisi tentang pengumuman sekolah maupun lingkungan
c. pembuatan pantun
yang berpola atau sesuai gaya bahasa yang ditentukan
d. penulisan surat,
baik yang bersifat surat pribadi maupun surat resmi
B. PKN
2.1.1. Merumuskan proses belajar
PKn tentang konsep kejujuran
21. Dalam menanamkan nilai-nilai
kejujuran dalam pembelajaran Pkn, diperlukan 3 aspek yaitu: konsep moral, sikap
moral, dan perilaku moral. Yang menjadi bentuk pengaplikasian kejujuran dalam
aspek sikap moral berikut ini adalah:
a. kemauan bersikap
dan berlaku jujur
c. penilaian diri sendiri mengenai kejujuran
b. cinta kita
terhadap
kejujuran
d. pemahaman tentang kejujuran
2.1.2. Membuat tes proses
pembelajaran tentang sikap nasionalisme
22. Penekanan pembelajaran Pkn
yang berhubungan dengan jiwa nasionalisme, lebih mengarah kepada aspek
kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Yang termasuk dalam bagian ranah
afektif untuk menumbuhkan nasionalisme dalam pembelajaran tersebut adalah: … …
a.
kemampuan siswa dalam menjelaskan nilai-nilai nasionalisme dengan menggunakan
bahasa atau ungkapannya sendiri.
b. siswa
mampu menumbuhkan sikap menghargai kepentingan masa lampau bagi kehidupan masa
kini suatu bangsa.
c.
siswa mampu mengajukan argumentasi dalam mendiskusikan masalah-masalah yang
aktual
d. siswa
mampu mengembangkan cara-cara berpikir analitis tentang masalah-masalah sosial historis
di lingkungan masyarakat.
2.2.1. Membuat
contoh sangsi pelanggaran norma yang berlaku di sekolah (no. 23 – 24)
23. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh seorang guru, jika siswa
malas menulis di kelas, yaitu:
a. menegur siswa secara halus dan menyuruh untuk menulis
b. menyuruh siswa untuk duduk di samping siswa yang rajin
c. menyuruh siswa untuk keluar dari kelas
d. tidak peduli dan membiarkan siswa untuk tidak menulis
C. MATEMATIKA
3.1.1. Merancang aktivitas
pembelajaran berdasarkan prinsip dan teori pembelajaran matematika
41. Bruner (dalam Orton, 1992)
menyatakan bahwa prinsip dan teori pembelajaran anak dalam belajar konsep
matematika harus dirancang melalui tiga tahap, yaitu inaktif, ikonik, dan
simbolik. Yang dimaksud dengan tahap inaktif adalah:
a. tahap
belajar matematika melalui manipulasi lambang atau simbol
b. tahap belajar
dengan menggunakan gambar
c. tahap
belajar dengan memanipulasi benda atau obyek konkret
d. tahap belajar
dengan menggunakan rumusan sederhana
3.1.2. Merancang pembelajaran
matematika yang menggunakan gradasi mulai representasi kongkrit, simbolik, dan
abstrak agar siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan.
42. Pembelajaran matematika
dengan menggunakan media lidi dalam menyelesaikan
soal-soal yang berhubungan dengan penjumlahan
bilangan bulat, merupakan salah tahapan pembelajaran yang bersifat:
a.
inaktif b.
ikonik
c. simbolik d. Sharing
3.1.3. Memilih media pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran operasi
bilangan bulat.
43. Berikut ini beberapa jenis
media pembelajaran yang dapat digunakan dalam membantu siswa SD mengerjakan
sistem operasi bilangan bulat, kecuali:
a. kartu
bilangan b. garis
bilangan
c. lidi
d. perhitungan langsung
D. IPA
5.1.2. Merumuskan tujuan
pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai
dengan karakteristik peserta didik dan materi ajar.
61. Tujuan pembelajaran tentang sifat-sifat benda secara afektif adalah: …
…
a. Mengidentifikasi wujud
benda
c. dapat bekerjasama dalam kelompok
b. mengidentifikasi sifat
benda
d. melakukan presentasi hasil percobaan
5.1.3. Merancang kegiatan
pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah agar siswa dapat mengkonstruksi
pengetahuan IPA
62. Model pembelajaran yang dapat digunakan dengan melibatkan siswa
melakukan penyelidikan dan pengamatan melalui observasi adalah:
a.
inquiri b.
konstruktivisme c.
jigsaw
d. ekspositori
5.1.4. Mengkombinasikan beragam
pendekatan/strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan
pembelajaran (produk, proses, dan sikap ilmiah)
63. Jika siswa melakukan
percobaan tentang sifat-sifat air, maka hendaknya seorang guru memberikan
pemahaman tentang air terlebih dahulu. Selanjutnya siswa diajak untuk
mempraktekkan sifat-sifat air. Tujuan psikomotorik dari peragaan tersebut
adalah: … …
a. siswa akan menjadi paham tentang
sifat-sifat air
b. siswa akan mempraktekkan
sifat-sifat air berdasarkan teori
c. siswa akan menjadikan air sebagai
sumber kehidupan
d. siswa akan menggunakan air untuk
keperluan sehari-hari
E. IPS
7.1.1
Membandingkan
fakta, konsep, dan generalisasi dalam pembelajaran IPS (no. 81- 82)
81. Cara menjelaskan kepada
siswa bahwa “manusia perlu bekerja untuk mendapatkan nafkah” adalah dengan
member contoh bahwa: ……
a. kita harus mendapatkan
nafkah yang baik
b. kita harus bekerja
karena tenaga kita masih mampu
c. manusia perlu melakukan
sesuatu dan tidak boleh malas
d. setiap manusia perlu
melakukan sesuatu agar memperoleh sesuatu yang diinginkannya
82. Salah satu dampak
globalisasi adalah anak-anak merasa bangga apabila mampu mengkomsumsi makanan
yang serba modern, seperti fried chicken, coca-cola, pizza, dsb. Sebagai guru,
cara yang paling efektif untuk menyedarkan siswa agar tidak mudah mengikuti
pola hidup demikian adalah: ……
a. menganjurkan
untuk mengkomsumsi makanan yang diproduksi sendiri
b.
mendiskusikan manfaat dan dampak negatif dari makanan yang dikomsumsi
c.
menghimbau orang tua agar jangan membiasakan anak ke restoran
d. mengingatkan
anak agar selalu memakan makanan yang dimasak ibu karena lebih sehat
7.2.1 Menganalisis
sejarah kenampakan alam, serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya (no.
83 – 84)
83. Daerah datar yang
memiliki ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan laut disebut….
a.
Gunung b.
Pegunungan
c. Dataran Tinggi
d. Dataran Rendah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar