Senin, 01 April 2013

BIDIK MISI 2013

Tidak ada upaya lain, hanyalah berdoa kepada yang Kuasa, mudah-mudahan dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui Beasiswa Bidik Misi, itulah yang dilontarkan para siswa yang mendaftar beasiswa bidik misi dari SMAN Ciamanggung dan para siswa dari sekolah lain. Semoga beruntung .............................!!!!!!!!

Bidik Misi 2013. 
Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia adalah dengan memberikan beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Beasiswa Bidik Misi diberikan oleh Dikti kepada siswa yang kurang mampu, namun memiliki prestasi yang baik di sekolah. Sesuai motto mereka, menggapai asa memutus rantai kemiskinan. Bidik Misi 2013 Sejak tahun 2010 beasiswa bidikmisi telah diberikan kepada 90.000 mahasiswa baru, mereka mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp. 600.000 per bulan.
 Lumayan lah, daripada lumanyun. Haha ... Untuk Bidik Misi 2013 sendiri pemerintah berencana memberikan tambahan kuota untuk rekruitmen penerima sebanyak 60.000 siswa. Hal ini menjadi angin segar bagi siswa yang kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Adapun beberapa syarat untuk penerima beasiswa Bidik Misi 2013 sebagaimana syarat tahun 2012 adalah sebagai berikut : Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2012; Lulusan tahun 2011 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing PTN; Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun; Kurang mampu secara ekonomi sebagai berikut:#Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar-besarnya Rp 3.000.000,00 setiap bulan; # Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 600.000,00 setiap bulannya; # dan Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4. Untuk peserta seleksi SNMPTN Ujian Tulis dan Seleksi Mandiri harus memiliki potensi akademik memadai, yaitu masuk dalam 30% terbaik di sekolah (semester 4 dan 5 bagi yang akan lulus tahun 2012 atau semester 5 dan 6 bagi lulusan tahun 2011); Khusus SNMPTN jalur undangan hanya diperuntukkan bagi yang akan lulus tahun 2012 serta memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu masuk di dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4 dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MK), dengan rincian sebagai berikut: Akreditasi A: 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Akreditasi B: 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Akreditasi C: 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5; Lainnya: 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4 dan 5. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s.d. 6, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/OSIS); Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 5 dan 6 dinyatakan dengan surat rekomendasi Kepala Sekolah/Madrasah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan Lampiran 2; Pendaftar difasilitasi untuk memilih seleksi nasional dan/atau seleksi mandiri apabila mendaftar ke: Semua jenis seleksi nasional (SNMPTN Undangan dan/atau Ujian Tulis); Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN dengan 2 (dua) program studi pilihan 10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi; Tidak buta warna bagi program studi tertentu. Nah, data ini diambil dari portal bidikmisi 2012, semoga bisa bermanfaat. Source : Bidik Misi 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar